S I L A B U S
NAMA SEKOLAH : SMP
MATA PELAJARAN : SENI BUDAYA
KELAS / PROGRAM : VII ( TUJUH )
SEMESTER : I ( GANJIL )
No. | KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK / URAIAN MATERI | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU (MENIT) | SUMBER DAN BAHAN ALAT | ||
TEHNIK | INSTUMEN | ||||||||
BENTUK | CONTOH | ||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 |
3.1 | Mengidentifikasi jenis lagu daerah setempat | Lagu Daerah setempat Unsur-unsur / elemen musik pokok : melodi, irama, ekspresi. Unsur-unsur penunjang : tempo dan dinamik serta tangga nada | - Mendengarkan lagu-lagu daerah setempat - Mengkaji unsur-unsur musik pokok dan penunjang lagu daerah setempat | - mengidentifikasi jenis lagu etnik dari daerah setempat - Mengidentifikasi unusr-unsur musik pokok : melodi irama, ekspresi, dan unsur penunjang : tempo, dan dinamika lagu daerah setempat | Tes lisan | Daftar pertanyaan | - Bagaimanakah pendapatmu tentang jenis lagu etnik yang diperdengarkan - Sebutkan dua unsur musik pokok - Sebutkan 2 unsur musik penunjang | 2 x 40’ | Media VCD / CD Media cetak Teks lagu-lagu daerah setempat |
3.2. | Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan lagu daerah setempat | - Mendiskusikan tentang keunikan lagu etnik daerah setempat yang diperdengarkan | - Mendiskusikan keunikan lagu daerah setempat secara kelompok - Menyebutkan keunikan yang ada pada lagu etnik daerah setempat | Tes unjuk kerja | - Diskripsikan lagu yang diperdengarkan tentang lagu etnik daerah setempat | 4 x 40 | Buku Seni Budaya Kelas VII |
S I L A B U S
NAMA SEKOLAH : SMP
MATA PELAJARAN : SENI BUDAYA
KELAS / PROGRAM : VII ( TUJUH )
SEMESTER : I ( GANJIL )
STANDAR KOMPETENSI : 4. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
No. | KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK / URAIAN MATERI | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU (MENIT) | SUMBER DAN BAHAN ALAT | ||
TEHNIK | INSTUMEN | ||||||||
BENTUK | CONTOH | ||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 |
4.1. | Mengaransir secara sederhana karya lagu daerah setempat | Mengaransir ragam lagu etnik daerah setempat secara sederhana | - Mendengarkan dan menyanyikan lagu etnik daerah setempat - Membaca notasi lagu daerah setempat - menuliskan pola irama lagu etnik daerah setempat - Mengaransir secara sederhana lagu etnik daerah setempat | - Menyanyikan lagu etnik daerah setempat - menulis melodi lagu daerah yang diperdengarkan - Menuliskan pada irama lagu etnik daerah yang diperdengarkan - Mengaransir secara sederhana lagu daerah yang diperdengarkan dengan musik ritmis atau sumber bunyi | Tes unjuk kerja | Test identifikasi | - Nyanyikan lagu yang diperdengarkan - Tuliskan melodi lagu yang diperdengarkan - Tuliskan pola irama yang diperdengarkan | 4 x 40’ | Media : VCD / CD Alat musik / sumber bunyi |
S I L A B U S
NAMA SEKOLAH : SMP
MATA PELAJARAN : SENI BUDAYA
KELAS / PROGRAM : VII ( TUJUH )
SEMESTER : I ( GANJIL )
STANDAR KOMPETENSI : 4. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
No. | KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK / URAIAN MATERI | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU (MENIT) | SUMBER DAN BAHAN ALAT | ||
TEHNIK | INSTUMEN | ||||||||
BENTUK | CONTOH | ||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 |
4.2. | Menampilkan hasil aransemen karya lagu daerah setempat | Lagu daerah | - Menyanyikan satu lagu daerah yang telah dipilih - menampilkan hasil aransemen lagu daerah yang dipilih dengan musik ritmis (Sumber bunyi yang ada ) | - Menyanyikan salah satu lagu daerah yang dipilih - Menampilkan aransemen sederhana lagu daerah setempat secara kelompok dengan musik ritmis / sumber bunyi | Tes unjuk kerja | Uji petik kerja produk | - Nyanyikan salah satu lagu daerah - Tampilkan hasil aransemen lagu etnik daerah dengan alat musik / sumber bunyi | 4 x 40’ | Alat musik (sumber bunyi) |
S I L A B U S
NAMA SEKOLAH : SMP
MATA PELAJARAN : SENI BUDAYA
KELAS / PROGRAM : VII ( TUJUH )
SEMESTER : I ( GANJIL )
STANDAR KOMPETENSI : 1. mengapresiasi karya seni rupa
No. | KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK / URAIAN MATERI | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU (MENIT) | SUMBER DAN BAHAN ALAT | ||
TEHNIK | INSTUMEN | ||||||||
BENTUK | CONTOH | ||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 |
1.1. | - Pengertian seni, tujuan seni, fungsi seni, dan cabang-cabang seni - Pengertian seni rupa terapan, perwujudan seni rupa terapan | - Membaca referensi tentang seni rupa - Membaca referensi tentang seni rupa terapan | - Mendiskripsikan definisi seni - Mendiskripsikan tujuan seni - Mendiskripsikan fungsi seni - Mendiskripsikan cabang-cabang seni - Mendiskripsikan definisi karya seni rupa terapan daerah setempat - Mendiskripsikan definisi perwujudan karya seni rupa terapan daerah setempat - Mendiskripsikan definisi jenis-jenis karya seni rupa terapan daerah setempat | Tes tulis Tes tulis Forto folio | Tes uraian Tes uraian | - jelaskan apa pengertian seni, diberi contoh - Jelaskan apa yang dimaksud dengan seni rupa terapan daerah | 1 jam | Buku LKS Buku paket |
S I L A B U S
NAMA SEKOLAH : SMP
MATA PELAJARAN : SENI BUDAYA
KELAS / PROGRAM : VII ( TUJUH )
SEMESTER : I ( GANJIL )
STANDAR KOMPETENSI : 1. Mengapresiasi karya seni rupa
No. | KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK / URAIAN MATERI | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU (MENIT) | SUMBER DAN BAHAN ALAT | ||
TEHNIK | INSTUMEN | ||||||||
BENTUK | CONTOH | ||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 |
1.2. | - Pengertian apresiasi ragam gagasan dan macam-macam teknik pembuatan | - Membaca referensi dan mendiskusikan - Mempresentasikan hasil diskusi | - Menjelaskan arti apresiasi - Menjelaskan ragam gagasan karya seni rupa terapan daerah setempat - Menjelaskan teknik pembuatan karya seni rupa terapan daerah setempat | Tes lisan | Tes uraian | - Jelaskan apa yang dimaksud dengan apresiasi | 1 jam | ||
2.1 | - Pengertian menggambar bentuk dan macam-macam bentuk - Unsur-unsur menggambar benuk menggambar bentuk, media dan peralatan menggambar bentuk, obyek gambar bentuk dan teknik menggambar bentuk | - Mendengarkan penjelasan guru dan membaca referensi - menggambar benda pakai | - Mendiskripsikan pengertia menggambar bentuk - Mengenal macam-macam bentuk - Menyebutkan unsur-unsur menggambar bentuk - Menyebutkan prinsip-prinsip menggambar bentuk - Mengenal media dan peralatan menggambar bentuk - Mengetahui obyek gambar bentuk’ - Mengenal teknik menggambar bentuk - Menggambar bentuk dengan obyek karya | Tes pesan Unjuk Kerja prosuk | Tes uraian | - Jelaskan apa yang dimaksud dengan menggambar bentuk - Buatlah gambar benda pakai | 4 jam |
S I L A B U S
NAMA SEKOLAH : SMP
MATA PELAJARAN : SENI BUDAYA
KELAS / PROGRAM : VII ( TUJUH )
SEMESTER : I ( GANJIL )
STANDAR KOMPETENSI :
No. | KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK / URAIAN MATERI | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU (MENIT) | SUMBER DAN BAHAN ALAT | ||
TEHNIK | INSTUMEN | ||||||||
BENTUK | CONTOH | ||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 |
2.2. | Merancang seni kriya daerah | - Mendengarkan dan membuat rancangan seni kriya daerah setempat | - Merancang seni kriya kipas - Merancang seni kriya jaran kepang | Tes unjuk kerja proses produk | Tes unjuk kerja Uji petik produk | - membuat desain karya seni rupa terapan | 2 jam | Buku teks | |
2.3 | Pembuatan seni rupa terapan teknik menganyam | - Membuat benda pakai dengan teknik dan ceramah daerah setempat | - Membuat benda pakai kipas dengan teknik anyaman | Unjuk kerja proses produk | - Membuat karya seni kriya kipas | 5 jam |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NAMA SEKOLAH : SMP
MATA PELAJARAN : SENI BUDAYA / SENI MUSIK
KELAS / SEMESTER : VII / I
STANDAR KOMPETENSI : Mengapresiasi karya seni musik
KOMPETENSI DASAR : 3.1. Mengidentifikasi jenis lagu daerah setempat
INDIKATOR :
- Mengidentifikasi jenis lagu etnis dari daerah setempat
- Mengidentifikasi unsur-unsur musik pokok dan penunjang : melodi, irama, ekspresi, tempo dan dinamik
ALOKASI WAKTU : 2 x 40 Menit
A. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Pada akhir pelajaran diharapkan agar siswa dapat :
1. Menyebutkan beberapa jenis lagu daerah dan komponisnya
2. Menjelaskan unsur-unsur musik pokok lagu daerah setempat
3. Menjelaskan unsur-unsur musik penunjang lagu daerah setempat
B. MATERI AJAR
1. Lagu etnik daerah setempat
2. Unsur-unsur musik pokok dan penunjang lagu-lagu etnik daerah setempat
3. Tangga Nada
C. METODE
1. Pendekatan CTL
2. Life skill
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal
Tanya jawab dengan siswa terkait dengan wawasan siswa mengenai lagu-lagu daerah setempat
2. Kegiatan Inti
- Mendengarkan lagu-lagu etnik daerah setempat melalui VCD / CD. Guru atau peserta didik
- Mengidentifikasi lagu etnik daerah setempat serta komponisnya
- Menyebutkan unsur-unsur musik pokok dan penunjang : melodi, irama, ekspresi, tempo dan dinamik
3. Kegiatan Akhir
- Membuat kesimpulan hasil pembelajaran
- Menanyakan kesulitan kepada siswa selama PBM
E. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
- Alat : CD, VCD, Buku lagu-lagu daerah
- Sumber : Buku seni musik Erlangga
Buku seni musik Ganeza
F. PENILAIAN
1. Teknik : Test lisan / tertulis
2. Bentuk Instrumen : Daftar pertanyaan
3. Contoh Instrumen :
1. Sebutkan 3 lagu yang berasal dari Jawa Timur !
2. Sebutkan 4 lagu dari daerah lain serta asal daerahnya !
3. Sebutkan 2 unsur musik pokok lagu etnik daerah setempat !
4. Sebutkan 2 unsur musik penunjang lagu etnik daerah setempat
5. Sebutkan judul lagu yang diperdengarkan dan siapa komponisnya !
`
Mengetahui Kepala Sekolah Drs. Edy Siswanto, M.Pd. ______________________ NIP. 131782125 | Magetan, ____,Juli_2008. Guru Mata Pelajaran __Drs. Edy Siswanto, M.Pd___ NIP. 131782125 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NAMA SEKOLAH : SMP
MATA PELAJARAN : SENI BUDAYA / SENI MUSIK
KELAS / SEMESTER : VII / I
STANDAR KOMPETENSI: Mengapresiasi karya seni musi
KOMPETENSI DASAR : 3.2. Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan lagu
daerah setempat
INDIKATOR :
- Mendiskripsikan keunikan lagu daerah setempat secara kelompok
- Menyebutkan keunikan yang ada pada lagu etnik daerah setempat
ALOKASI WAKTU : 2 x 40 Menit
A. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Pada akhir pelajaran diharapkan siswa dapat :
1. Mendiskripsikan keunikan lagu daerah setempat secara kelompok mengenai unsur-unsur atau elemen-elemen seperti : nada, irama, ekspresi, tempo dan dinamik
2. Menjelaskan arti dari masing unsur atau elemen musik pada lagu daerah setempat
3. Menunjukkan contoh-contoh elemen / unsur musik pada lagu daerah setempat
4. Menjelaskan makna lagu daerah setempat yang telah diperdengarkan
B. MATERI AJAR
- Lagu etnik daerah setempat
- Unsur-unsur / elemen musik pokok dan penunjang
C. METODE PEMBELAJARAN
1. Pendekatan CTL
2. Pemberian tugas
D. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Pendahuluan
Tanya jawab (apersepsi) mengenai berbagai hal tentang materi dari pertemuan sebelumnya
2. Kegiatan Inti
· Mendengarkan salah satu lagu daerah setempat
· Mendiskripsikan keunikan lagu daerah setempat secara kelompok mengenai : nada / melodi, irama, ekspresi, tempo dan dinamik
· Menjelaskan masing-masing unsur pokok musik dan unsur penunjang (melodi, birama / irama, ekspresi, tempo, dan dinamik)
· Menunjukkan contoh-contoh elemen / unsur musik pada lagu daerah yang diperdengarkan
· Menjelaskan makna lagu daerah setempat yang telah diperdengarkan
3. Kegiatan Akhir
· Menanyakan kesulitan siswa selama PBM
· Menyimpulkan materi pembelajaran
E. ALAT / SUMBER BELAJAR
Alat : CD / VCD, Kaset, buku-buku lagu daerah
Sumber : Buku seni musik kelas VII
F. PENILAIAN
Teknik : Test tulis / lisan
a. Bentuk Instrumen : Daftar pertanyaan
1. Jelaskan apa yang disebut dengan melodi !
2. Gambarkan not balok yang bernilai 2 ketuk !
3. Jelaskan pengertian dari tempo lagu !
4. Jelaskan pula apa yang dimaksud dengan tanda dinamik dalam dalam !
5. Sebutkan 4 fungsi musik !
b. Bentuk Instrumen Penugasan
FORMAT KEGIATAN PENUGASAN TERSTRUKTUR DAN TAK TERTRUKSTUR
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas / Semester : VII / I
SK | KD | Kegiatan | Waktu | Keterangan |
3. Mengapresiasi karya seni musik | 3.2. Menampilkan sikap apresiatit terhadap keunikan lagu daerah setempat | Diskripsikan salah satu lagu daerah (bebas) tentang keunikannya mengenai : melodi, irama, ekspresi, tempo, dan dinamik | Dikumpulkan satu minggu mendatang | Mandiri Berstruktur |
Mengetahui Kepala Sekolah Drs. Edy Siswanto, M.Pd ______________________ NIP. 131782125 | Magetan, ___,_Juli_2008. Guru Mata Pelajaran Drs. Edy Siswanto, M.Pd ________________________ NIP. 131782125 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NAMA SEKOLAH : SMP
MATA PELAJARAN : SENI BUDAYA / SENI MUSIK
KELAS / SEMESTER : VII / I
STANDAR KOMPETENSI: Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
KOMPETENSI DASAR : 4.1. Mengaransir secara sederhana karya lagu daerah
setempat
INDIKATOR :
· Menyanyikan lagu etnik daerah setempat
· Menulis melodi lagu daerah yang diperdengarkan ( Gundul pacul )
· Menuliskan pola irama lagu etnik daerah yang diperdengarkan
· Menaransir secara sederhana lagu daerah yang diperdengarkan dengan musik ritmis / sumber nada
ALOKASI WAKTU : 2 x 40 Menit
A. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Setelah penyampaian pembelajaran diharapkan siswa dapat :
1. Menyanyikan lagu daerah ( Gundul pacul )
2. Menuliskan melodi : lagu daerah yang diperdengarkan
3. Menuliskan pola irama lagu etnik daerah yang diperdengarkan
4. Mengaransis secara sederhana lagu daerah yang diperdengarkan dengan musik ritmis / sumber bunyi
B. MATERI AJAR
1. Lagu etnik daerah
2. Mengaransir ragam lagu etnik daerah setempat
C. METODE
- Pendekatan CTL
- Demonstrasi
- Penugasan
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Apersepsi
b. Menyiapkan lagu yang diaransir
c. Menyiapkan musik ritmis / sumber bunyi
2. Kegiatan Inti
a. Mendegarkan dan menyanyikan 1 lagu daerah ( Gundul pacul )
b. Menuliskan melodi lagu daerah “Gundul pacul”
c. Menuliskan pola irama lagu etnik daerah yang diperdengarkan
d. Mengaransemen secara sederhana lagu daerah yang diperdengarkan dengan musik ritmis / sumber bunyi
3. Kegiatan Akhir
a. Refleksi
b. Penugasan
E. SUMBER DAN ALAT PEMBELAJARAN
Alat : CD/VCD, musik ritmis – sumber bunyi
Sumber : Buku seni musik kelas VII
F. PENILAIAN
Teknik : Tes tulis
Bentuk test : Daftar pertanyaan, rubrik
Contoh : a. Test lisan / tulis
1. Tuliskan melodi lagu dan syair “Gundul pacul” satu baris
2. Tuliskan pola irama / birama 4/4 dalam lagu Gundul pacul
b. Contoh soal / Forto Folio
Buatlah aransemen lagu daerah “Gundul pacul” dengan musik ritmis / sumber bunyi secara kelompok !
No. | Nama Siswa | Aspek Penilian | Jumlah Nilai | Keterangan | |||
1 | 2 | 3 | 4 | ||||
Keterangan :
No. | Aspek Penilaian | Skor Tertinggi |
1 | Pola Irama | 25 |
2 | Keharmonisan | 25 |
3 | Kekompakan | 25 |
4 | Tempo lagu | 25 |
Jumlah | 100 |
FORMAT KEGIATAN PENUGASAN TERSTRUKTUR DAN TAK TERTRUKSTUR
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas / Semester : VII / I
SK | KD | Kegiatan | Waktu | Keterangan |
Mengekspresikan diri melalui karya seni musik | Mengaransir secara sederhana karya lagu daerah setempat | Carilah sebuah lagu daerah dan aransemen lalu secara sederhana dengan menggunakan musik ritmis / sumber bunyi | Diselesaikan paling akhir dua minggu | Tugas kelompok tak berstruktur |
Mengetahui Kepala Sekolah Drs. Edy Siswanto, M.Pd. _____________________ NIP. 131782125 | Magetan, ___, Juli 2008. Guru Mata Pelajaran Drs. Edy Siswanto, M.Pd ________________________ NIP. 131782125 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NAMA SEKOLAH : SMP
MATA PELAJARAN : SENI BUDAYA / SENI MUSIK
KELAS / SEMESTER : VII / I
STANDAR KOMPETENSI: Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
KOMPETENSI DASAR : 4.2. Menampilkan hasil aransemen karya lagu daerah
setempat
INDIKATOR :
· Menyanyikan salah satu lagu etnik daerah yang dipilih
· Menampilkan hasil aransemen sederhana lagu daerah setempat secara kelompok dengan musik ritmis / sumber nada
ALOKASI WAKTU : 4 x 40 Menit
A. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Setelah penyampaian pembelajaran diharapkan siswa dapat :
1. Menyanyikan salah satu lagu etnik daerah yang dipilih
2. Menampilkan hasil aransemen sederhana lagu etnik daerah setempat secara kelompok dengan musik ritmis / sumber nada
B. MATERI AJAR
1. Lagu etnik daerah setempat
2. Mengaransir ragam lagu etnik daerah
C. METODE
- Pendekatan CTL
- Demonstrasi
- Penugasan
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Pendahuluan
- Apersepsi
- Menyiapkan alat musik ritmis atau sumber nada / bunyi
2. Kegiatan Inti
- Menyanyikan salah satu lagu etnik daerah yang dipilih
- Mempergelarkan / menampilkan hasil aransemen sederhana lagu etnik daerah setempat secara kelompok dengan musik ritmis / sumber bunyi
3. Kegiatan Akhir
- Refleksi
- Memberikan tanggapan dari masing-masing kelompok penampilan aransemen
E. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Alat : CD/VCD, musik ritmis , sumber bunyi
Buku lagu-lagu daerah
Sumber : Buku seni musik kelas VII
F. PENILAIAN
Teknik : Unjuk kerja
Bentuk Instrumen : Praktek / Uji petik
Contoh Instrumen :
Praktekkan hasil aransemen sederhana lagu etnik daerah setempat secara kelompok dengan perpaduan vokal / dan musik ritmis / sumber bunyi
Contoh lembar penilaian unjuk kerja
Format penilaian aransemen lagu daerah
No. | Nama Siswa | Aspek Penilian | Jumlah Nilai | Keterangan | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | ||||
Keterangan :
No. | Aspek Penilaian | Skor Tertinggi |
1 | Persiapan | 20 |
2 | Pola irama | 20 |
3 | Keharmonisan | 20 |
4 | Ekspresi | 20 |
5 | Kekompakan lagu dan alat musik ritmis | 20 |
Mengetahui Kepala Sekolah Drs. Edy Siswanto. M.Pd. ______________________ NIP. 131782125 | Magetan, ___, Juli 2008. Guru Mata Pelajaran Drs. Edy Siswanto, M.Pd ________________________ NIP. 131782125 |
PEMETAAN MATERI SENI BUDAYA
KELAS VII / I
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | ASPEK | PENILAIAN | |||||
APRESIASI | KREASI | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | ||
3. Mengapresiasi karya seni musik | 3.1.Mengidentifikasi jenis lagu daerah setempat | V | V | |||||
3.2.Menampilkan sikap apresiasitif terhadap keunikan lagu daerah setempat | V | V | V | |||||
4. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik | 4.1.Mengaransip secara sederhana karya lagu daerah setempat | V | V | V | V | |||
4.2.Menampilkan hasil aransemen karya lagu daerah setempat | V | V |
Keterangan :
- Tes tertulis / lisan
- Produk
- Tes unjuk kerja
- Porto folio
- Penugasan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar