Rabu, 29 Agustus 2012

Perangkat Pembelajaran Seni Budaya SMP


S I L A B U S
NAMA SEKOLAH                           : SMP
MATA PELAJARAN                      : SENI BUDAYA
KELAS / PROGRAM                      : VII  ( TUJUH )
SEMESTER                                      : I ( GANJIL )
STANDAR KOMPETENSI                        : 3. Mengapresiasi karya seni musik 
No.
KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK / URAIAN MATERI
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU (MENIT)
SUMBER DAN BAHAN ALAT
TEHNIK
INSTUMEN
BENTUK
CONTOH

1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
3.1
Mengidentifikasi jenis lagu daerah setempat
Lagu Daerah setempat

Unsur-unsur / elemen musik pokok : melodi, irama, ekspresi.

Unsur-unsur penunjang : tempo dan dinamik  serta tangga nada
-          Mendengarkan lagu-lagu daerah setempat
-          Mengkaji unsur-unsur musik pokok dan penunjang lagu daerah setempat  
-          mengidentifikasi jenis lagu etnik dari daerah setempat
-          Mengidentifikasi unusr-unsur musik pokok : melodi irama, ekspresi, dan unsur penunjang : tempo, dan dinamika lagu daerah setempat


Tes lisan
Daftar pertanyaan
-          Bagaimanakah pendapatmu tentang jenis lagu etnik yang diperdengarkan
-          Sebutkan dua unsur musik pokok
-          Sebutkan 2 unsur musik penunjang

2 x 40’
Media VCD / CD
Media cetak
Teks lagu-lagu daerah setempat
3.2.
Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan lagu daerah setempat

-          Mendiskusikan tentang keunikan lagu etnik daerah setempat yang diperdengarkan
-          Mendiskusikan keunikan lagu daerah setempat secara kelompok
-          Menyebutkan keunikan yang ada pada lagu etnik daerah setempat
Tes unjuk kerja

-          Diskripsikan lagu yang diperdengarkan tentang lagu etnik daerah setempat
4 x 40
Buku Seni Budaya Kelas VII



S I L A B U S
NAMA SEKOLAH                           : SMP
MATA PELAJARAN                      : SENI BUDAYA
KELAS / PROGRAM                      : VII ( TUJUH )
SEMESTER                                      : I ( GANJIL )
STANDAR KOMPETENSI                        : 4. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
                                                             
No.
KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK / URAIAN MATERI
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU (MENIT)
SUMBER DAN BAHAN ALAT
TEHNIK
INSTUMEN
BENTUK
CONTOH

1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
4.1.
Mengaransir secara sederhana karya lagu daerah setempat
Mengaransir ragam lagu etnik daerah setempat secara sederhana
-          Mendengarkan dan menyanyikan lagu etnik daerah setempat
-          Membaca notasi lagu daerah setempat
-          menuliskan pola irama lagu etnik daerah setempat
-          Mengaransir secara sederhana lagu etnik daerah setempat
-          Menyanyikan lagu etnik daerah setempat
-          menulis melodi lagu daerah yang diperdengarkan
-          Menuliskan pada irama lagu etnik daerah yang diperdengarkan
-          Mengaransir secara sederhana lagu daerah yang diperdengarkan dengan musik ritmis atau sumber bunyi


Tes unjuk kerja
Test identifikasi
-          Nyanyikan lagu yang diperdengarkan
-          Tuliskan melodi lagu yang diperdengarkan
-          Tuliskan pola irama yang diperdengarkan

4 x 40’
Media : VCD / CD
Alat musik / sumber bunyi



S I L A B U S
NAMA SEKOLAH                           : SMP
MATA PELAJARAN                      : SENI BUDAYA
KELAS / PROGRAM                      : VII ( TUJUH )
SEMESTER                                      : I ( GANJIL )
STANDAR KOMPETENSI                        :  4. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
                                                             
 
No.
KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK / URAIAN MATERI
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU (MENIT)
SUMBER DAN BAHAN ALAT
TEHNIK
INSTUMEN
BENTUK
CONTOH

1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
4.2.
Menampilkan hasil aransemen karya lagu daerah setempat
Lagu daerah

-          Menyanyikan satu lagu daerah yang telah dipilih
-          menampilkan hasil aransemen lagu daerah yang dipilih dengan musik ritmis (Sumber bunyi yang ada )
-          Menyanyikan salah satu lagu daerah yang dipilih
-          Menampilkan aransemen sederhana lagu daerah setempat secara kelompok dengan musik ritmis / sumber bunyi


Tes unjuk kerja
Uji petik kerja produk
-          Nyanyikan salah satu lagu daerah
-          Tampilkan hasil aransemen lagu etnik daerah dengan alat musik / sumber bunyi

4 x 40’
Alat musik (sumber bunyi)



S I L A B U S
NAMA SEKOLAH                           : SMP
MATA PELAJARAN                      : SENI BUDAYA
KELAS / PROGRAM                      : VII ( TUJUH )
SEMESTER                                      : I ( GANJIL )
STANDAR KOMPETENSI                        : 1. mengapresiasi karya seni rupa
 
No.
KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK / URAIAN MATERI
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU (MENIT)
SUMBER DAN BAHAN ALAT
TEHNIK
INSTUMEN
BENTUK
CONTOH

1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
1.1.

-          Pengertian seni, tujuan seni, fungsi seni, dan cabang-cabang seni
-          Pengertian seni rupa terapan, perwujudan seni rupa terapan
-          Membaca referensi tentang seni rupa
-          Membaca referensi tentang seni rupa terapan
-          Mendiskripsikan definisi seni
-          Mendiskripsikan tujuan seni
-          Mendiskripsikan fungsi seni
-          Mendiskripsikan cabang-cabang seni
-          Mendiskripsikan definisi karya seni rupa terapan daerah setempat
-          Mendiskripsikan definisi perwujudan karya seni rupa terapan daerah setempat
-          Mendiskripsikan definisi jenis-jenis karya seni rupa terapan daerah setempat 


Tes tulis




Tes tulis
Forto folio
Tes uraian




Tes uraian
-          jelaskan apa pengertian seni, diberi contoh
-          Jelaskan apa yang dimaksud dengan seni rupa terapan daerah




1 jam
Buku LKS
Buku paket



S I L A B U S
NAMA SEKOLAH                           : SMP
MATA PELAJARAN                      : SENI BUDAYA
KELAS / PROGRAM                      : VII ( TUJUH )
SEMESTER                                      : I ( GANJIL )
STANDAR KOMPETENSI                        : 1. Mengapresiasi karya seni rupa 
No.
KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK / URAIAN MATERI
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU (MENIT)
SUMBER DAN BAHAN ALAT
TEHNIK
INSTUMEN
BENTUK
CONTOH

1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
1.2.

-          Pengertian apresiasi ragam gagasan dan macam-macam teknik pembuatan

-          Membaca referensi dan mendiskusikan
-          Mempresentasikan hasil diskusi
-          Menjelaskan arti apresiasi
-          Menjelaskan ragam gagasan karya seni rupa terapan daerah setempat
-          Menjelaskan teknik pembuatan karya seni rupa terapan daerah setempat
Tes lisan
Tes uraian
-          Jelaskan apa yang dimaksud dengan apresiasi

1 jam

2.1

-          Pengertian menggambar bentuk dan macam-macam bentuk
-          Unsur-unsur menggambar benuk menggambar bentuk, media dan peralatan menggambar bentuk, obyek gambar bentuk dan teknik menggambar bentuk
-          Mendengarkan penjelasan guru dan membaca referensi
-          menggambar benda pakai
-          Mendiskripsikan pengertia menggambar bentuk
-          Mengenal macam-macam bentuk
-          Menyebutkan unsur-unsur menggambar bentuk
-          Menyebutkan prinsip-prinsip menggambar bentuk
-          Mengenal media dan peralatan menggambar bentuk
-          Mengetahui obyek gambar bentuk’
-          Mengenal teknik menggambar bentuk
-          Menggambar bentuk dengan obyek karya
Tes pesan


Unjuk Kerja prosuk
Tes uraian
-          Jelaskan apa yang dimaksud dengan menggambar bentuk
-          Buatlah gambar benda pakai
4 jam




S I L A B U S
NAMA SEKOLAH                           : SMP
MATA PELAJARAN                      : SENI BUDAYA
KELAS / PROGRAM                      : VII ( TUJUH )
SEMESTER                                      : I ( GANJIL )
STANDAR KOMPETENSI                        :
                                                             
 
No.
KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK / URAIAN MATERI
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU (MENIT)
SUMBER DAN BAHAN ALAT
TEHNIK
INSTUMEN
BENTUK
CONTOH

1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
2.2.

Merancang seni kriya daerah
-          Mendengarkan dan membuat rancangan seni kriya daerah setempat
-          Merancang seni kriya kipas
-          Merancang seni kriya jaran kepang


Tes unjuk kerja proses produk
Tes unjuk kerja
Uji petik produk
-          membuat desain karya seni rupa terapan

2 jam
Buku teks
2.3

Pembuatan seni rupa terapan teknik menganyam
-          Membuat benda pakai dengan teknik dan ceramah daerah setempat
-          Membuat benda pakai kipas dengan teknik anyaman
Unjuk kerja proses produk

-          Membuat karya seni kriya kipas
5 jam



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

NAMA SEKOLAH               : SMP
MATA PELAJARAN                        : SENI BUDAYA / SENI MUSIK
KELAS / SEMESTER           : VII / I
STANDAR KOMPETENSI   : Mengapresiasi karya seni musik
KOMPETENSI DASAR        : 3.1. Mengidentifikasi jenis lagu daerah setempat
INDIKATOR                        :
-          Mengidentifikasi jenis lagu etnis dari daerah setempat
-          Mengidentifikasi unsur-unsur musik pokok dan penunjang : melodi, irama, ekspresi, tempo dan dinamik

ALOKASI WAKTU  : 2 x 40 Menit

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN  :
Pada akhir pelajaran diharapkan agar siswa dapat  :
1.      Menyebutkan beberapa jenis lagu daerah dan komponisnya
2.      Menjelaskan unsur-unsur musik pokok lagu daerah setempat
3.      Menjelaskan unsur-unsur musik penunjang lagu daerah setempat

B.     MATERI AJAR
1.      Lagu etnik daerah setempat
2.      Unsur-unsur musik pokok dan penunjang lagu-lagu etnik daerah setempat
3.      Tangga Nada

C.     METODE
1.      Pendekatan CTL
2.      Life skill

D.     LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.      Kegiatan Awal
Tanya jawab dengan siswa terkait dengan wawasan siswa mengenai lagu-lagu daerah setempat

2.      Kegiatan Inti
-          Mendengarkan lagu-lagu etnik daerah setempat melalui VCD / CD. Guru atau peserta didik
-          Mengidentifikasi lagu etnik daerah setempat serta komponisnya
-          Menyebutkan unsur-unsur musik pokok dan penunjang  : melodi, irama, ekspresi, tempo dan dinamik

3.      Kegiatan Akhir
-          Membuat kesimpulan hasil pembelajaran
-          Menanyakan kesulitan kepada siswa selama PBM

E.      ALAT DAN SUMBER BELAJAR
-          Alat  : CD, VCD, Buku lagu-lagu daerah
-          Sumber  : Buku seni musik Erlangga
 Buku seni musik Ganeza

F.      PENILAIAN
1.      Teknik                               : Test lisan / tertulis                 
2.      Bentuk Instrumen              : Daftar pertanyaan
3.      Contoh Instrumen              :
1.      Sebutkan 3 lagu yang berasal dari Jawa Timur !
2.      Sebutkan 4 lagu dari daerah lain serta asal daerahnya !
3.      Sebutkan 2 unsur musik pokok lagu etnik daerah setempat !
4.      Sebutkan 2 unsur musik penunjang lagu etnik daerah setempat
5.      Sebutkan judul lagu yang diperdengarkan dan siapa komponisnya !
`
Mengetahui
Kepala Sekolah

                   Drs. Edy Siswanto, M.Pd.
______________________
                           NIP. 131782125
Magetan, ____,Juli_2008.
Guru Mata Pelajaran


__Drs. Edy Siswanto, M.Pd___
        NIP. 131782125



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

NAMA SEKOLAH                        : SMP
MATA PELAJARAN         : SENI BUDAYA / SENI MUSIK
KELAS / SEMESTER        : VII / I
STANDAR KOMPETENSI: Mengapresiasi karya seni musi
KOMPETENSI DASAR    : 3.2. Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan lagu
                                                      daerah setempat
INDIKATOR                      :
-          Mendiskripsikan keunikan lagu daerah setempat secara kelompok
-          Menyebutkan keunikan yang ada pada lagu etnik daerah setempat

ALOKASI WAKTU           : 2 x 40 Menit

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN  :
Pada akhir pelajaran diharapkan siswa dapat  :
1.      Mendiskripsikan keunikan lagu daerah setempat secara kelompok mengenai unsur-unsur atau elemen-elemen seperti : nada, irama, ekspresi, tempo dan dinamik
2.      Menjelaskan arti dari masing unsur atau elemen musik pada lagu daerah setempat
3.      Menunjukkan contoh-contoh elemen / unsur musik pada lagu daerah setempat
4.      Menjelaskan makna lagu daerah setempat yang telah diperdengarkan

B.     MATERI AJAR
-          Lagu etnik daerah setempat
-          Unsur-unsur / elemen musik pokok dan penunjang

C.     METODE PEMBELAJARAN
1.      Pendekatan CTL
2.      Pemberian tugas

D.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1.      Kegiatan Pendahuluan
Tanya jawab (apersepsi) mengenai berbagai hal tentang materi dari pertemuan sebelumnya

2.   Kegiatan Inti
·         Mendengarkan salah satu lagu daerah setempat
·         Mendiskripsikan keunikan lagu daerah setempat secara kelompok mengenai : nada / melodi, irama, ekspresi, tempo dan dinamik
·         Menjelaskan masing-masing unsur pokok musik dan unsur penunjang (melodi, birama / irama, ekspresi, tempo, dan dinamik)
·         Menunjukkan contoh-contoh elemen / unsur musik pada lagu daerah yang diperdengarkan
·         Menjelaskan makna lagu daerah setempat yang telah diperdengarkan


3.   Kegiatan Akhir
·         Menanyakan kesulitan siswa selama PBM
·         Menyimpulkan materi pembelajaran

E.     ALAT / SUMBER BELAJAR
Alat  : CD / VCD, Kaset, buku-buku lagu daerah
Sumber  : Buku seni musik kelas VII

F.      PENILAIAN
Teknik                         : Test tulis / lisan
a.       Bentuk Instrumen             : Daftar pertanyaan
1.      Jelaskan apa yang disebut dengan melodi !
2.      Gambarkan not balok yang bernilai 2 ketuk !








3.      Jelaskan pengertian dari tempo lagu !
4.      Jelaskan pula apa yang dimaksud dengan tanda dinamik dalam dalam !
5.      Sebutkan 4 fungsi musik !

b.      Bentuk Instrumen Penugasan

FORMAT KEGIATAN PENUGASAN TERSTRUKTUR DAN TAK TERTRUKSTUR

Mata Pelajaran                  : Seni Budaya
Kelas / Semester                : VII / I


SK
KD
Kegiatan
Waktu
Keterangan
3.      Mengapresiasi karya seni musik

3.2.  Menampilkan sikap apresiatit terhadap keunikan lagu daerah setempat

Diskripsikan salah satu lagu daerah (bebas) tentang keunikannya mengenai : melodi, irama, ekspresi, tempo, dan dinamik
Dikumpulkan satu minggu mendatang
Mandiri
Berstruktur

           



Mengetahui
Kepala Sekolah


Drs. Edy Siswanto, M.Pd
______________________
                          NIP. 131782125
Magetan, ___,_Juli_2008.
Guru Mata Pelajaran


Drs. Edy Siswanto, M.Pd
________________________
         NIP. 131782125



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

NAMA SEKOLAH                        : SMP
MATA PELAJARAN         : SENI BUDAYA / SENI MUSIK
KELAS / SEMESTER        : VII / I
STANDAR KOMPETENSI: Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
KOMPETENSI DASAR    : 4.1. Mengaransir secara sederhana karya lagu daerah
                                                      setempat
INDIKATOR                      :
·         Menyanyikan lagu etnik daerah setempat
·         Menulis melodi lagu daerah yang diperdengarkan ( Gundul pacul )
·         Menuliskan pola irama lagu etnik daerah yang diperdengarkan
·         Menaransir secara sederhana lagu daerah yang diperdengarkan dengan musik ritmis / sumber nada

ALOKASI WAKTU           : 2 x 40 Menit

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN  :
Setelah penyampaian pembelajaran diharapkan siswa dapat  :
1.      Menyanyikan lagu daerah ( Gundul pacul )
2.      Menuliskan melodi : lagu daerah yang diperdengarkan
3.      Menuliskan pola irama lagu etnik daerah yang diperdengarkan
4.      Mengaransis secara sederhana lagu daerah yang diperdengarkan dengan musik ritmis / sumber bunyi

B.     MATERI AJAR
1.      Lagu etnik daerah
2.      Mengaransir ragam lagu etnik daerah setempat

C.     METODE
-          Pendekatan CTL
-          Demonstrasi
-          Penugasan

D.    LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.      Kegiatan Pendahuluan
a.       Apersepsi
b.      Menyiapkan lagu yang diaransir
c.       Menyiapkan musik ritmis / sumber bunyi

2.   Kegiatan Inti
a.       Mendegarkan dan menyanyikan 1 lagu daerah ( Gundul pacul )
b.      Menuliskan melodi lagu daerah “Gundul pacul”
c.       Menuliskan pola irama lagu etnik daerah yang diperdengarkan
d.      Mengaransemen secara sederhana lagu daerah yang diperdengarkan dengan musik ritmis / sumber bunyi

3.   Kegiatan Akhir
a.       Refleksi
b.      Penugasan

E.     SUMBER DAN ALAT PEMBELAJARAN
Alat  : CD/VCD, musik ritmis – sumber bunyi
Sumber  : Buku seni musik kelas VII

F.      PENILAIAN
Teknik                   : Tes tulis
Bentuk test            : Daftar pertanyaan, rubrik










Contoh      : a. Test lisan / tulis
1.      Tuliskan melodi lagu dan syair “Gundul pacul” satu baris
2.      Tuliskan pola irama / birama 4/4 dalam lagu Gundul pacul

b. Contoh soal / Forto Folio
Buatlah aransemen lagu daerah “Gundul pacul” dengan musik ritmis / sumber bunyi secara kelompok !

No.
Nama Siswa
Aspek Penilian
Jumlah Nilai
Keterangan
1
2
3
4













Keterangan  :

No.
Aspek Penilaian
Skor Tertinggi
1
Pola Irama
25
2
Keharmonisan
25
3
Kekompakan
25
4
Tempo lagu
25
Jumlah
100

FORMAT KEGIATAN PENUGASAN TERSTRUKTUR DAN TAK TERTRUKSTUR

Mata Pelajaran                  : Seni Budaya
Kelas / Semester                : VII / I

SK
KD
Kegiatan
Waktu
Keterangan
Mengekspresikan diri melalui karya seni musik

Mengaransir secara sederhana karya lagu daerah setempat
Carilah sebuah lagu daerah dan aransemen lalu secara sederhana dengan menggunakan musik ritmis / sumber bunyi
Diselesaikan paling akhir dua minggu
Tugas kelompok tak berstruktur



Mengetahui
Kepala Sekolah


Drs. Edy Siswanto, M.Pd.
_____________________
                          NIP. 131782125
Magetan, ___, Juli  2008.
Guru Mata Pelajaran


Drs. Edy Siswanto, M.Pd
________________________
         NIP. 131782125
  


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

NAMA SEKOLAH                        : SMP
MATA PELAJARAN         : SENI BUDAYA / SENI MUSIK
KELAS / SEMESTER        : VII / I
STANDAR KOMPETENSI: Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
KOMPETENSI DASAR    : 4.2. Menampilkan hasil aransemen karya lagu daerah
                                                      setempat
INDIKATOR                      :
·         Menyanyikan salah satu lagu etnik daerah yang dipilih
·         Menampilkan hasil aransemen sederhana lagu daerah setempat secara kelompok dengan musik ritmis / sumber nada

ALOKASI WAKTU           : 4 x 40 Menit

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN  :
Setelah penyampaian pembelajaran diharapkan siswa dapat  :
1.      Menyanyikan salah satu lagu etnik daerah yang dipilih
2.      Menampilkan hasil aransemen sederhana lagu etnik daerah setempat secara kelompok dengan musik ritmis / sumber nada

B.     MATERI AJAR
1.      Lagu etnik daerah setempat
2.      Mengaransir ragam lagu etnik daerah

C.     METODE
-          Pendekatan CTL
-          Demonstrasi
-          Penugasan

D.    LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.      Kegiatan Pendahuluan
-          Apersepsi
-          Menyiapkan alat musik ritmis atau sumber nada / bunyi

2.   Kegiatan Inti
-          Menyanyikan salah satu lagu etnik daerah yang dipilih
-          Mempergelarkan / menampilkan hasil aransemen sederhana lagu etnik daerah setempat secara kelompok dengan musik ritmis / sumber bunyi

3.   Kegiatan Akhir
-          Refleksi
-          Memberikan tanggapan dari masing-masing kelompok penampilan aransemen

E.     ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Alat           : CD/VCD, musik ritmis ,  sumber bunyi
                    Buku lagu-lagu daerah
Sumber       : Buku seni musik kelas VII

F.      PENILAIAN
Teknik                   : Unjuk kerja
Bentuk Instrumen : Praktek / Uji petik
Contoh Instrumen :
Praktekkan hasil aransemen sederhana lagu etnik daerah setempat secara kelompok dengan perpaduan vokal / dan musik ritmis / sumber bunyi













Contoh lembar penilaian unjuk kerja

Format penilaian aransemen lagu daerah

No.
Nama Siswa
Aspek Penilian
Jumlah Nilai
Keterangan
1
2
3
4
5
















Keterangan  :

No.
Aspek Penilaian
Skor Tertinggi
1
Persiapan
20
2
Pola irama
20
3
Keharmonisan
20
4
Ekspresi
20
5
Kekompakan lagu dan alat musik ritmis
20




Mengetahui
Kepala Sekolah


Drs. Edy Siswanto. M.Pd.
______________________
                         NIP. 131782125
Magetan, ___, Juli   2008.
Guru Mata Pelajaran


Drs. Edy Siswanto, M.Pd
________________________
         NIP. 131782125




PEMETAAN MATERI SENI BUDAYA
KELAS VII / I


STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
ASPEK
PENILAIAN
APRESIASI
KREASI
1
2
3
4
5
3. Mengapresiasi
    karya seni musik

3.1.Mengidentifikasi jenis lagu daerah setempat


V


V




3.2.Menampilkan sikap apresiasitif terhadap keunikan lagu daerah setempat


V


V




V
4.      Mengekspresikan diri melalui karya seni musik

4.1.Mengaransip secara sederhana karya lagu daerah setempat


V

V




V

V

4.2.Menampilkan hasil aransemen karya lagu daerah setempat




V



V




Keterangan  :

  1. Tes tertulis / lisan
  2. Produk
  3. Tes unjuk kerja
  4. Porto folio
  5. Penugasan


















Tidak ada komentar:

Poskan Komentar